Minggu, 09 Juni 2019

Pengenalan Microsoft Excel 2010, Menu dan Fungsinya


PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2010, MENU DAN FUNGSINYA

Microsoft Excel merupakan aplikasi paling populer untuk pengolahan angka. Di dalamnya terdapat menu-menu yang dapat membantu pengguna menyelesaikan pekerjaan dengan mudah. Karena merupakan aplikasi pengolah angka, maka di dalam pengaplikasiannya dapat menggunakan menggunakan rumus atau formula. Sehingga, angka-angka dapat terisi otomatis yang memudahkan pekerjaan pengguna.

Sumber : google.com

Berikut kegunaan Microsoft Excel yang dilansir dari artikel Boby Hendra :

1.      Kalkulasi Matematis
Kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai variasinya.

2.      Bidang Akuntansi
Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalahmenghitung jumlah rugi/laba suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selamasatu tahun, menghitung gaji karyawan, dan sebagainya.
3.      Pengelolaan Data

Penggunaan pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data.
4.      Operasi Tabel
Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.

5.      Pembuatan grafik
Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik perkembangan nilai komputer siswa dalam lima tahun, grafik perkembangan jumlah penduduk selama satutahun, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan selama satu tahun, grafik kelulusan siswaselama 10 tahun, dan sebagainya.



Berikut menu-menu yang ada di Microsoft Excel 2010

1.      HOME
Home merupakan menu standar. Didalammya terdapat sub menu group yang, letaknya berada di deretan menu. Didalamnya terdapat clipboard, font, alignment, tool cut, copy, paste, bold, dan lain-lain yang fungsinya adalah memodifikasi, memotong, menyalin, dan meletakkan tulisan. Masih banyak icon-icon lain dengan fungsi yang berbeda.
2.     INSERT
Menu Insert digunakan untuk menyimpan objek atau fitur tertentu ke dalam lembar kerja. Di dalamnya terdapat icon Picture, clip Art, Shapes, dan lain-lain.
3.     PAGE LAYOUT
Menu Page Layout digunakan untuk pengaturan tata letak halaman dokumen dalam Excel. Di dalamnya terdapat Margins, Orientation, Size, dan lain-lain.
4.     FORMULAS
Formulas merupakan menu dimana di dalamnya terdapat fasilitas penggunaan rumus. Di dalamnya terdapat Insert Function, Auto sum, dan lain-lain.
5.     DATA
Data digunakan untuk mengurutkan data pada tabel yang tersusun acak berdasarkan kriteria yang anda inginkan dengan cara yang cepat (otomatis). Kita tidak hanya mengurutkan teks atau angka, tapi juga format data lainnya. Untuk mengurutkan data kita memakai group short & filter.
6.     REVIEW
Review adalah fitur penyedia informasi. Didalamnya terdapat sub menu group, yang letaknya berada dibawah deretan menu.

7.     VIEW
Merupakan menu yang digunakan untuk menata tampilan pada lembar kerja. Menu ini tidak berpengaruh pada data yang ada. Didalamnya terdapat sub menu group, yang letaknya berada dibawah deretan menu.


Itulah pengenalan Microsoft Excel 2010 beserta menu-menunya yang disarikan dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar