PENGENALAN
MICROSOFT EXCEL 2010, MENU DAN FUNGSINYA
Microsoft
Excel merupakan aplikasi paling populer untuk pengolahan angka. Di dalamnya
terdapat menu-menu yang dapat membantu pengguna menyelesaikan pekerjaan dengan
mudah. Karena merupakan aplikasi pengolah angka, maka di dalam
pengaplikasiannya dapat menggunakan menggunakan rumus atau formula. Sehingga,
angka-angka dapat terisi otomatis yang memudahkan pekerjaan pengguna.
Sumber : google.com
Berikut kegunaan Microsoft Excel
yang dilansir dari artikel Boby Hendra :
1.
Kalkulasi Matematis
Kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari hasil
penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai
variasinya.
2.
Bidang Akuntansi
Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang
akuntansi adalahmenghitung jumlah rugi/laba suatu perusahaan, mencari besarnya
keuntungan selamasatu tahun, menghitung gaji karyawan, dan sebagainya.
3.
Pengelolaan Data
Penggunaan pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base
statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta
nilai minimum sebuah data.
4.
Operasi Tabel
Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576
dan jumlah kolom16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input
data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.
5.
Pembuatan grafik
Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik
perkembangan nilai komputer siswa dalam lima tahun, grafik perkembangan jumlah
penduduk selama satutahun, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan selama satu
tahun, grafik kelulusan siswaselama 10 tahun, dan sebagainya.
Berikut menu-menu yang
ada di Microsoft Excel 2010
1.
HOME
Home merupakan menu standar. Didalammya terdapat sub menu group
yang, letaknya berada di deretan menu. Didalamnya terdapat clipboard, font,
alignment, tool cut, copy, paste, bold, dan lain-lain yang fungsinya adalah
memodifikasi, memotong, menyalin, dan meletakkan tulisan. Masih banyak
icon-icon lain dengan fungsi yang berbeda.
2.
INSERT
Menu Insert digunakan
untuk menyimpan objek atau fitur tertentu ke dalam lembar kerja. Di dalamnya
terdapat icon Picture, clip Art, Shapes, dan lain-lain.
3.
PAGE LAYOUT
Menu Page Layout digunakan untuk pengaturan tata letak halaman
dokumen dalam Excel. Di dalamnya terdapat Margins, Orientation, Size, dan
lain-lain.
4.
FORMULAS
Formulas merupakan menu dimana di dalamnya terdapat fasilitas
penggunaan rumus. Di dalamnya terdapat Insert Function, Auto sum, dan
lain-lain.
5.
DATA
Data digunakan untuk mengurutkan data pada tabel yang tersusun
acak berdasarkan kriteria yang anda inginkan dengan cara yang cepat (otomatis).
Kita tidak hanya mengurutkan teks atau angka, tapi juga format data lainnya.
Untuk mengurutkan data kita memakai group short & filter.
6.
REVIEW
Review adalah fitur penyedia informasi. Didalamnya terdapat sub
menu group, yang letaknya berada dibawah deretan menu.
7.
VIEW
Merupakan
menu yang digunakan untuk menata tampilan pada lembar kerja. Menu ini tidak
berpengaruh pada data yang ada. Didalamnya terdapat sub menu group, yang
letaknya berada dibawah deretan menu.
Itulah pengenalan Microsoft Excel 2010
beserta menu-menunya yang disarikan dari berbagai sumber.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar