Senin, 10 Juni 2019

Mengenal Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art & Watermark, Page Border, Smart Art, Footnote, dan Comment


DROP CAP, COLUMNS, HEADER & FOOTER, CLIP ART & WATERMARK, PAGE BORDER, SMART ART, FOOTNOTE DAN COMMENT

            Agar tulisan menjadi lebih menarik, tentu harus memiliki kreativitas yang baik. Bukan saja dilihat dari isi kandungan tulisan, variasi tulisan pun membuat apa yang kita tulis menjadi lebih menarik sehingga mengundang minat para pembaca. Dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai penggunaan fitur-fitur yang ada dalam Menu Bar seperti Drop Cap, Columns, dan lain-lain. Yang tentu sangat berguna untuk membuat tulisan lebih menarik dan bervariasi.
1. DROP CAP
            Merupakan tool yang terdapat di tab menu Insert yang digunakan untuk memperbesar huruf awal sebuah paragraf agar terlihat lebih menonjol. Cara membuat Drop Cap adalah sebagai berikut :

  •          Letakkan kursor di huruf atau kata yang akan diperbesar hurufnya
  •          Klik tab menu Insert, kemudian pilih tool Drop Cap di group Text


  •          Kemudian muncul pilihan None, Dropped, In Margin.

a) None, digunakan untuk mengembalikan teks ke posisi awal atau tidak menggunakan Drop  Cap.
b)  Dropped, digunakan untuk membuat huruf awal yang diperbesar berada dalam margin.
c) In Margin, digunakan untuk membuat huruf awal yang diperbesar berada di luar margin.

  •          Pilihlah salah satu, dan Drop Cap telah digunakan.




2.  COLUMNS
            Columns merupakan tool yang berada di tab menu Page Layout yang berfungsi untuk membagi kertas ke dalam beberapa kolom. Columns ini biasanya digunakan untuk membuat jurnal.
Berikut cara membuat Columns pada lembar kerja :

  •          Dari tab menu Page Layout pilih tool Columns di group Page Setup.




  •          Kemudian muncul beberapa pilihan: One, Two, Three, Left, Right, More Columns.




  •          Pilih berapa kolom yang Anda inginkan, dan lembar kerja berkolom siap digunakan.



3.  HEADER DAN FOOTER
            Header dan footer umumnya mengandung informasi tambahan seperti nama, halaman, catatan kaki, ataupun informasi lain yang akan muncul terus di dokumen berikutnya. Header berada di margin bagian atas, sedangkan Footer berada di margin bagian bawah. Header dan Footer terdapat di tab insert di Microsoft word.
Berikut cara menggunakan Header dan Footer:

HEADER

  •          Dari menu Insert pilihlah tool Header



  •          Kemudian muncul beberapa tipe Header dan pilihlah salah satu.



  •          Header sudah bisa digunakan untuk menulis catatan tambahan




FOOTER
  •          Dari menu Insert pilihlah tool Footer



  •          Kemudian muncul beberapa tipe Footer dan pilihlah salah satu.



  •          Footer sudah bisa digunakan untuk menulis catatan tambahan.



4.  CLIP ART DAN WATERMARK

            CLIP ART
Merupakan tool di menu Insert yang berfungsi untuk memilih dan menyisipkan gambar. Cara menempel gambar lewat Clip Art adalah :

  •          Letakkan kursor di tempat yang ingin ditempeli gambar.
  •          Dari tab  menu Insert pilihlah tool Clip Art di group Illustrations.
  •          Kemudian muncul tabel pilihan, klik Go untuk melanjutkan.



  •          Kliklah gambar yang diinginkan.



  •          Gambar pun telah menempel di tempat yang diinginkan.



WATERMARK
Adalah tool yang berada di tab menu Page Layout yang digunakan untuk menandai teks, gambar, maupun video agar tidak sembarangan diambil dan diakui oleh orang lain. Berikut cara menandai dokumen dengan Watermark :

  •          Pilih lembar yang akan ditandai.
  •          Klik tab menu Page Layout dan pilih tool Watermark di group Page Background.
  •          Kemudian muncul pilihan tipe Watermark, pilihlah yang diinginkan.




  •          Apabila Anda ingin mengubah tulisan pada background dokumen, Anda bisa mengklik Custom Watermark dan mengubah tulisan pada kolom Text, kemudian klik Ok



  •          Dokumen Anda sudah memakai Watermark Text


Apabila Anda ingin mengganti background text dengan gambar, maka tinggal klik saja Custom Watermark di tool Watermark, kemudian pilih Picture Watermark dan klik Select Picture, pilihlah background gambar yang Anda inginkan.




Apabila Anda ingin menghapus watermark, maka tinggal klik saja Remove Watermark.

5.  PAGE BORDER
            Merupakan garis bingkai yang ditempatkan pada lembar kerja. Cara menggunakan Page Border yaitu :
  •          Dari tab menu Page Layout pilih Page Borders di group Page Background.
  •          Kemudian muncul beberapa pilihan diantaranya style, colour, width, Art. Pilihlah sesuai yang diinginkan.


  •          Klik Ok


6. SMART ART
            Merupakan tool yang berada di tab menu Insert yang berguna untuk membuat bagan. Berikut cara-caranya :

  •          Dari tab menu insert pilih tool Smart Art di group Illustration.
  •          Terdapat beberapa pilihan bentuk bagan, pilih yang Anda inginkan kemudian klik Ok.


  •          Tulislah pada bagan yang telah dipilih.


·         Jika Anda ingin menambah kotak bagan, maka klik saja Add shape di pojok kiri atas.
·         Apabila Anda ingin menghapusnya, maka klik dahulu kotak bagan yang ingin dihapus, kemudian tekan tombol Backspace di keyboard.

7. FOOTNOTE
            Footnote digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar, menjelaskan sumber kutipan atau sebagai penyusunan daftar bacaan. Cara membuat footnote adalah :
  •          Dari tab menu References kliklah Insert Footnote atau Insert Endnote.


  •          Tulislah keterangan di tempat yang telah disediakan


8. COMMENT
            Digunakan untuk menambahkan komentar pada tulisan. Cara menambahkah komentar adalah :
  •          Arahkan kursor pada kata yang akan dikomentari
  •          Pilih tab menu Review kemudian Klik tool New Comment
  •          Tulislah komentar Anda pada kolom komentar yang disediakan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar